Kamis, 10 Mei 2012

kartu ekspansi


Restu Ayuningrum , 11.22.028



      KARTU EKSPANSI / KARTU KOMPUTER

Adalah sebuah papan sirkuit cetak yang dapat di sisipkan ke sebuah slot ekspansi dari papan induk computer untuk menambahkan sebuah fungsi tertentu.
Sisi yang satu dari kartu ekspansi memiliki kontak yang tepat masuk ke dalam slot. kontak ini kemudian menyediakan kontak elektris antara sirkuit terpadu ( IC ) dari kartu ekspansi dengan sirkuit terpadu dari papan induk.
          Konektor pada kartu ekspansi kemudian berfungsi untuk menyediakan koneksi, antara kartu dengan peralatan eksternal. Tergantung bentuk dan jenisnya, papan induk dapat memiliki antara satu hingga tujuh kartu ekspansi.
Ada factor lain yang mempengaruhi jumlah kartu yang dapat di pasang.
Contohnya:
Beberapa kartu seperti kartu grafis NVidia GeForce FX dan beberapa kartu grafis GeForce terbaru membutuhkan dua slot ekspansi.

 JENIS “ KARTU EKSPANSI

1.     KARTU SUARA (sound card ) untuk spekerdan output audio.
Kartu suara adalah:
Hardware untuk memproses suara dari software dan mengeluarkannya melalui device berupa spiker.
Spesifikasi sound card ini bermacam” mulaidari hanya mengelluarkan suara yang biasa hingga bias diatur menggunakan equalizer yang terdapat di media player maupun menggunakan software bawaan dari sound card itu sendiri.
Sound card juga sering disebut audio card adalah periferal  yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan computer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.


2.    KARTU GRAFIS ( GRAPHIC CARD ) / KARTU VIDEO untuk monitor.
Adalah: kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan” di layar.
Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika.
Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa  layar.
Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox dan NVIDIA.


3.    KARTU MODEM (MODEM CARD) untuk komunikasi melalui saluran telepon.
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.
Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya Voice Modem. Dengan adanya fasilitas ini merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet, tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon, sampai streaming video.


4.    LAN CARD ( KARTU LAN) untuk komunikasi melalui kabel.
Berfungsi untuk menghubungkan antar computer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN.
Melalui LAN setiap computer dapat saling bertukar data, maupun mengakses perangkat keras seperti printer,  untuk dapat saling bertukar informasi antar computer diperlukan setting tertentu.  

                    

1 komentar: