Senin, 23 April 2012

chipset North bridge & south Bridge

Restu Ayuningrum
11.22.028
D3 A, Sem2, perakitan komputer.





Add caption










Fungsi & perbedaan :


Fungi Northbridge:
  • Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management.
Fungsi Southbridge
  • Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.


Perbedaannya adalah:

North Bridge: hanya menjembatani arus data di sekitar processor, RAM, FSB, AGP, dan power management.

South Bridge: mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE, controller, PCI, ROM, Bios, keyboard, Mouse, USB dll.

Northbridge dan southbridge
merupakan chipset yang terdapat pada motherboard. Semua komponen yang ada pada komputer berkomunikasi dengan CPU melewati chipset ini.
Northbridge  berhubungan secara langsung dengan processor melewati FSB. Pengontrol memori komputer terdapat pada northbridge yang memberikan akses cepat antara CPU dengan memori. Northbridge juga berhubungan dengan AGP atau PCI Express bus dan dengan memori itu sendiri. AGP atau PCIe merupakan bus penghubung antara northbridge dengan video card.
Southbridge  berhubungan dengan PCI bus, USB port, dan IDE/ATA atau SATA hard disk connection. Perangkat input/output yang  secara umum tersambung dengan southbridge antara lain keyboard, mouse, speaker, kabel ethernet modem, scanner, printer, dll.
Hal lain yang perlu diketahui mengenai chipset yang terdiri dari northbridge dan southbridge ini adalah kecepatan transfer data pada southbridge lebih lambat daripada northbridge dan semua informasi dari CPU menuju southbridge harus melewati northbridge.


Terima kasih J J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar